Pasang Behel Sembarangan Bisa Bikin Masalah Serius

Memasang kawat gigi atau behel bisa membantu seseorang mendapatkan bentuk gigi yang sesuai harapan. Tapi kalau asal pasang bukan dilakukan oleh dokter gigi, siap-siap terkena risiko yang bikin merinding.

Dituturkan oleh drg Diono Susilo, Ketua PDGI Jakarta Selatan, di sela acara konferensi pers Indonesia Dental Exhibition & Conference 2017, memasang behel tak hanya untuk sekadar unsur kesehatan tapi juga segi estetika.

“Yang punya kewenangan untuk ini adalah dokter gigi, kalau tidak dipasang bukan dari dokter gigi ini yang didapatkan bukan kecantikan tapi berantakan (giginya). Fungsi giginya akan rusak,” terangnya.

Dengan pemasangan behel yang salah, ini bisa mengakibatkan gerakan pengunyahan makanan yang salah. Ini bisa mengarah pada masalah kesehatan terutama kesehatan gizi, mengingat proses pencernaan makanan pertama adalah melalui mulut.

Selain itu, ini juga membahayakan pertumbuhan gigi geraham, terutama bagi orang yang dipasang behel sebelum masa pertumbuhannya.”Tumbuhnya bukannya ke bawah tapi ke samping,” ujar dokter yang menjadi Sekretaris Jendral Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) ini.

Terakhir, ia kembali mengingatkan masyarakat bahwa penting sekali kembali ke dokter gigi bukan kepada tenaga yang tidak profesional dalam menangani gigi. Sebab, ada banyak risiko lainnya yang tidak dipahami oleh selain dokter gigi ketika hendak memasang behel.

 

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × 4 =